Posted in Articles
Anak daud anak abraham

Anak daud anak abraham

Jadwal pembacaan Alkitab : Kejadian 1-2 dan Matius 1:1-25

Firman Tuhan dalam Matius 1:1,“Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.”

Kristus adalah Anak Daud (Mat. 9:27; 15:22; 20:30-31; 21:9). Salomo, Anak Daud, adalah lambang Kristus dalam tiga aspek utama. Pertama, dia melambangkan Kristus mewarisi kerajaan (2 Sam. 7:12b, 13b; Yer. 23:5; Luk. 1:32-33). Kedua, Salomo memiliki hikmat dan mengucapkan perkataan hikmat. Dalam Matius 12 Kristus, lebih besar dari Salomo (ay. 42), juga memiliki hikmat dan mengucapkan perkataan hikmat. Ketiga, Salomo membangun bait Allah (2 Sam. 7:13a). Sebagai Anak Daud, Kristus membangun bait Allah, gereja.
Anak Daud melambangkan kerajaan. Kristus, Anak Daud, adalah Raja, Penguasa. Sebagai Anak Daud, Kristus membawa kita ke dalam kerajaan surga (Mat. 5:3). Kristus adalah Anak Daud juga agar kita berbagian dalam kuasa ilahi. Menurut Injil Matius Tuhan telah memberi kita kuasa untuk mengikat dan melepaskan. “Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Surga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di surga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di surga” (Mat. 16:19).
Yesus Kristus juga disebut Anak Abraham. Ishak, anak Abraham adalah lambang Kristus dalam tiga aspek utama. Pertama, Ishak membawa berkat kepada segala bangsa, Yahudi dan Kafir (Kej. 22:18; Gal. 3:16, 14). Kedua, Ishak dipersembahkan kepada Allah sampai mati dan dibangkitkan (Kej. 22:1-12; Ibr. 11:17, 19). Ketiga, Ishak menerima mempelai perempuan (Kej. 24:67). Ini adalah lambang Kristus sebagai Dia yang dijanjikan yang membawa berkat kepada segala bangsa, yang dipersembahkan kepada Allah sampai mati, yang dibangkitkan, dan yang akan menerima mempelai perempuan-Nya (Yoh. 3:29; Why. 19:7).

Doa :“Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi.”

Image Courtesy Google

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

Leave a reply