Arti menguduskan diri

Arti menguduskan diri

Jadwal pembacaan Alkitab : 1Raja – raja pasal 17 –  18:24 dan Yohanes  17

Yohanes 17:19, “dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya mereka pun dikuduskan dalam kebenaran.”

 

Tuhan menghendaki murid-murid-Nya menjadi kudus, sebab itu Ia menguduskan diri-Nya sendiri. Tuhan telah memberi kita satu teladan, kita harus mengikuti jejak-Nya. Sebenarnya Tuhan tidak perlu terbatasi, tetapi Dia mau menerima pembatasan. Tuhan menghendaki murid-murid-Nya kudus, sebab itu Dia menguduskan diri-Nya sendiri. Tahukah Anda, ketika tinggal bersama murid-murid, Tuhan sangat sengsara, sangat terbatas. Kalau mengatakan letih, Ia lebih daripada murid-murid; kalau mengatakan lapar, Ia lebih lapar daripada murid-murid; kalau membicarakan perlu istirahat, Ia lebih perlu istirahat daripada murid-murid. Tetapi selain seorang diri naik ke gunung untuk berdoa, Dia belum pernah meninggalkan murid-murid. Dia terbatas bagi murid-murid. Sampai akhirnya, murid-murid tidak bisa mengatakan bahwa pada diri-Nya ada suatu kesalahan. Semua murid bisa bersaksi, Dia tidak berdosa. Petrus berkata, “Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya” (1 Ptr. 2:22). Petrus adalah orang yang sering tinggal bersama Dia, yang paling tahu maksud hati-Nya. Orang yang sering tinggal bersama-Nya ini bersaksi, Dia tidak ada cacat cela dan tidak ada noda.

Tuhan itu suci. Tetapi karena murid-murid, Ia masih perlu menguduskan diri-Nya. Di tengah-tengah saudara saudari, kita juga perlu demikian. Allah menghendaki kita menjadi terang. Kita harus belajar menerima pembatasan. Kalau tidak, jangan mengharapkan orang lain menjadi kudus. Kita harus karena orang lain menguduskan diri sendiri. Kita nampak jejak kaki Tuhan begitu indah, kita harus mengikuti jejak kaki-Nya.

 

Doa: “Ya Bapa, terima kasih atas firman-Mu. Bantulah kami, Bapa untuk menguduskan diri kami demi saudara-saudari. Rahmati diri kami hingga kami rela menerima pembatasan. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin!”

Image Courtesy Google

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

Leave a reply