Diselamatkan Dalam Yesus

Diselamatkan Dalam Yesus

Jadwal pembacaan Alkitab : Ulangan 12-13 dan Lukas 3:23-38

Lukas 3:38  “… anak Enos, anak Set, anak Adam, anak Allah”

 

Dalam 3:23-38 kita nampak status Tuhan Yesus sebagai Manusia-Penyelamat. Ayat 23 mengatakan, “Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli.” Tiga puluh adalah umur yang memadai untuk melayani Allah (Bil. 4:3, 35, 39, 43, 47). Silsilah dalam Injil Lukas, Injil Manusia-Penyelamat, dimulai dari manusia dan menelusur kembali kepada Allah (ay. 23, 38). Injil ini menekankan keinsanian-Nya untuk menegaskan status ilahi-insani-Nya. Untuk membuktikan bahwa Yesus adalah seorang Manusia yang tepat dan normal, Lukas perlu memperlihatkan silsilah Manusia ini, yang membuktikan bahwa Dia layak menjadi Penyelamat manusia.

Dalam 3:23-38 silsilah Manusia-Penyelamat ini menelusur kembali dari Yesus kepada Adam. Ayat 38 mengatakan, “Anak Enos, anak Set, anak Adam, anak Allah.” Dari Yesus (Luk. 3:23) kembali kepada Allah ada tujuh puluh tujuh keturunan. Di dalamnya terlihat sejarah penciptaan Allah, kejatuhan manusia, janji Allah, dan keselamatan manusia: oleh Allah, manusia diciptakan (ay. 38; Kej. 1:26-27; 2:7); dalam Adam, manusia jatuh (ay. 38; Kej. 3); melalui Abraham, manusia menerima janji Allah (ay. 34; Kej. 12:1-3); dan dalam Yesus, yang adalah Kristus, manusia diselamatkan (ay. 23; 2:10-11).

Silsilah dalam Injil Lukas mencantumkan empat nama yang ditekankan dengan khusus: Allah, Adam, Abraham, dan Yesus. Kita diciptakan oleh Allah, kita jatuh di dalam Adam, kita menerima janji Allah di dalam Abraham, dan kita diselamatkan di dalam Yesus yang adalah Kristus. Setelah kita diciptakan oleh Allah dan jatuh di dalam Adam, kita menerima janji keselamatan Allah di dalam Abraham. Kemudian di dalam Yesus, yang adalah Kristus, kita diselamatkan.

Doa: “Ya Allah Bapa kami, terima kasih atas firman-Mu. Tuhan Yesus, hanya di dalam-Mu kami dapat diselamatkan. Dulu diciptakan oleh Allah, kemudian kami jatuh dalam Adam. Tetapi kami menerima janji Allah di dalam Abraham dan akhirnya diselamatkan dalam Kristus. Terima kasih Tuhan Yesus.  Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin!”

Courtesy Image Google

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

Leave a reply