Memberitakan Tahun Rahmat

Memberitakan Tahun Rahmat

Jadwal pembacaan Alkitab : Ulangan 17-20 dan Lukas 4:14-30

Lukas 4: 18-19 “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.”

 

Di sini kita nampak bahwa Roh Tuhan ada pada Manusia-Penyelamat karena Allah telah mengurapi Dia untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin. Kabar baik harus diberitakan kepada orang-orang miskin, mereka yang miskin dalam hal-hal surgawi, rohani, dan ilahi (12:21; Why. 3:17; lihat Mat. 5:3).

Lukas 4:18 membicarakan orang-orang tawanan, orang-orang buta, dan orang-orang yang tertindas. Orang-orang tawanan adalah para tawanan perang, yang dibuang dan ditawan di bawah belenggu Iblis (Yes. 42:7). Orang-orang buta meliputi orang-orang yang buta secara fisik dan secara rohani (Zef. 1:17; Yoh. 9:39-41; 1 Yoh. 2:11; Why. 3:17). Memulihkan penglihatan itu berhubungan dengan membebaskan dari kuat kuasa Iblis (Kis. 26:18). Kata “tertindas” dalam bahasa Yunaninya berasal dari satu kata kerja yang berarti pecah berkeping-keping (Mat. 12:20). Orang-orang yang tertindas adalah orang-orang yang tertindas di bawah Iblis dalam penyakit atau dalam dosa (Luk. 13:11-13; Yoh. 8:34).

Dalam Lukas 4:19 kita nampak Manusia-Penyelamat diurapi untuk “memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.” Tahun rahmat (Yobel) ini adalah zaman Perjanjian Baru yang dilambangkan oleh tahun Yobel (Im. 25:8-17), saat Allah menerima tawanan-tawanan dosa yang kembali (Yes. 49:8; 2 Kor. 6:2) dan saat orang-orang yang tertindas di bawah belenggu dosa menikmati pembebasan yang berasal dari keselamatan Allah.

Doa: “Ya Allah Bapa kami, terima kasih atas firman-Mu. Mohon Tuhan : Agar setiap hari kami mengalami Yobel, tahun rahmat Tuhan, dimana kami dibebaskan dari penindasan dan belenggu Iblis berupa segala macam kelemahan, penyakit, dan pikulan berat, dan dosa. Terima kasih Tuhan Yesus.  Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin!”

Courtesy Image Google

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

Leave a reply