Membuka rumah

Membuka rumah

Jadwal pembacaan Alkitab : 2 Raja – raja  23:31 – 25:30 dan Kisah para rasul  5:33-42

Kisah para rasul 5:42 , “Dan setiap hari mereka melanjutkan pengajaran mereka di Bait Allah dan di rumah-rumah orang dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias.”

 

Berhimpun dalam rumah adalah cara orang Kristen berkumpul, ini sesuai dengan praktek Perjanjian Baru Allah; cara ini berbeda dengan cara orang-orang Yahudi berkumpul di rumah-rumah ibadat (Kis. 6:9). Berhimpun di rumah menjadi praktek umum dan terus-menerus dalam gereja-gereja (Rm. 16:5; 1 Kor. 16:5).

Rumah kita adalah jalan keluar Injil. Kalau rumah Anda tidak dipakai oleh Tuhan, Anda hanya sendirian memberitakan Injil, berarti ada pintu namun tidak ada jalan. Kisah para rasul memperlihatkan kepada kita, pada masa Petrus, para murid tidak hanya memecahkan roti “dari rumah ke rumah” (Kis. 2:46), juga “dari rumah ke rumah” memberitakan Yesus Kristus  sebagai Injil (Kis. 5:42). Kata “memberitakan” di sini dalam bahasa  asli Yunani adalah bentuk kata kerja  dari  Injil, artinya menjadikan Yesus Kristus sebagai Injil untuk diberitakan. Dengan menjadikan Kristus sebagai Injil untuk diberitakan dari rumah ke rumah, hasilnya ialah tiap rumah membicarakan Kristus.

Kita semua harus belajar membuka rumah kita, mempersiapkan perjamuan besar bagi Yesus, khusus mengundang “orang dosa” sebagai tamunya, memberitakan Injil kepada mereka. Kita harus mengambil kesempatan untuk mengundang teman-teman Injil kita, juga kaum saleh. Kita membuka rumah, pasti tidak  akan  rugi, malahan akan beroleh berkat. Tuhan sendiri berkata: “Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku.” (Kel. 20:6). Maka itu untuk rencana kekal, kita semua perlu membuka rumah, mempersilahkan Injil Tuhan ada jalan keluar. Dengan demikian, berkat tidak hanya ke  atas  diri kita, juga akan sampai kepada generasi lewat generasi.

 

Doa: Ya Bapa kami, terima kasih atas firman-Mu. Terima kasih Dikau menunjukkan kepada kami bahwa kami perlu membuka rumah kami bagi Injil, supaya nama Kristus boleh dibicarakan di dalam rumah kami. Kami mau membuka rumah kami bagi Injil. Berkatilah rumah kami agar orang-orang dosa yang kami undang boleh mendengar tentang Kristus yang kami beritakan sebagai Injil. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin!

Image courtesy Google

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

Leave a reply