Mereka mengalahkan dia

Jadwal pembacaan Alkitab : Yunus 1 – 4:11 dan Wahyu 12:1-7.

 

Wahyu 12:11 , Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba,  dan oleh perkataan kesaksian mereka.  Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.”

 

Bagaimanakah cara kita mengalahkan Iblis, si pendakwa kita?  Pertama, oleh darah Anak Domba. Jika kita nahas, melakukan dosa, pada satu pihak kita harus mengaku dosa di hadapan Allah, pada pihak lainnya kita harus berkata kepada Iblis, ”Kau tak usah mendakwa aku! Hari ini aku adalah manusia yang datang ke hadapan Allah bersandarkan darah Tuhan!” Jika kita ingin mengalahkan dakwaan Iblis, kita harus memperlihatkan kepadanya bahwa kita telah beroleh pengampunan melalui darah Anak Domba. Semua dosa kita, baik yang besar maupun yang kecil telah beroleh pengampunan melalui darah Anak Domba. Ini adalah firman Allah, ”Darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari segala dosa” (1 Yoh. 1:7).

Kedua, oleh perkataan kesaksian mereka sendiri. Perkataan kesaksian di sini berarti memaklumkan fakta rohani dan kemenangan Tuhan. Kita harus berkata kepada Iblis, ”Jangan mengganggu aku! Dosaku telah mendapat pengampunan oleh darah Tuhan!” Kita mengumumkan dengan iman bahwa Yesus adalah Tuhan, dan dengan iman mengumumkan kemenangan Kristus. Kita wajib mengeluarkan suara kita untuk mengucapkan kesaksian-kesaksian ini kepada Iblis. Bukan saja percaya dalam hati, tetapi juga mengumumkannya kepada Iblis.

Ketiga, tidak mengasihi nyawa walau sampai ke dalam maut. Frase ”oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian” merupakan dua syarat untuk mengalahkan dakwaan Iblis, dan frase ”tidak mengasihi nyawa walau sampai ke dalam maut” adalah sikap kita. Kita wajib mengambil sikap: Tidak peduli bagaimanapun Iblis bekerja, dan sekalipun ia ingin mencelakakan aku sampai ke dalam maut, aku tetap bersandar kepada darah Anak Domba, dan tetap mengumumkan kemenangan Tuhan kepadanya! Bila kita selalu bersikap demikian, niscayalah dakwaan Iblis akan punah; Iblis tidak berdaya mengalahkan kita, sebaliknya kita pasti mengalahkannya!

 

Doa: “Ya Bapa, terima kasih atas darah Anak Domba yang membuat kami dapat menang dari tuduhan musuh. Kami mau demi iman mengucapkan perkataan kesaksian bahwa darah Tuhan telah membuat kami beroleh pengampunan atas dosa-dosa kami. Kami pun mau tetap mengumumkan kemenangan-Mu, sekalipun Iblis berniat mencelakai kami sampai ke dalam maut. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin!“

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

Leave a reply