Parakletos

Parakletos

Jadwal pembacaan Alkitab : 1Raja – raja 15-16 dan Yohanes  16

 

Yohanes 16:7b , “… Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.”

 

Bahasa Yunaninya, istilah Penghibur / Pembela / Pengacara, yaitu Parakletos, berarti seseorang yang mengiringi kita, memperhatikan urusan kita dan segala keperluan kita, untuk membantu kita. Jadi Parakletos berarti seorang penolong; seorang yang memberikan bantuan yang sah atau seorang yang menengahi atas nama orang lain, jadi, seorang pengacara, penasihat, atau perantara. Tuhan Yesus yang kita miliki hari ini, di samping Ia berada di surga, Ia pun sebagai Roh yang menjadi Parakletos di dalam kita, memperbaiki urusan kita. Roh Kudus, hakiki Tuhan Yesus dan perwujudan Tuhan, selalu mendampingi kita, merawat kita dan menaruh perhatian atas segala keperluan kita.

Pengacara atau Parakletos di sini adalah seorang pengacara rohani yang selalu berdiri di samping kita, seperti seorang perawat memelihara kita, dan melayani kita. Parakletos juga adalah seorang penasehat. Dahulu, di sekolah-sekolah, murid-murid mempunyai seorang penasihat untuk membantu mereka memilih mata pelajaran mana yang sesuai untuk mereka. Parakletos kita juga membantu kita di dalam membuat pilihan-pilihan. Darby memakai kata “pelindung” untuk kata Parakletos. Di dalam catatannya, dia menerangkan bahwa kata pelindung digunakan dalam hal seorang pelindung Romawi, yang mempertahankan kepentingan kliennya dalam berbagai cara. Salah satu fungsi dari seorang pelindung Romawi kebanyakan seperti seorang pengacara hari ini. Puji Tuhan! Bila kita di dalam semacam situasi khusus, kita dapat memberikan seluruh masalah kita ke dalam tangan Pengacara kita – Kristus – dan Ia akan siap sedia mengurus kasus kita.

 

Doa: “Ya Bapa, terima kasih atas firman-Mu. Terima kasih kami boleh memiliki-Mu sebagai parakletos, pembela, penasehat, dan pelindung kami. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin!”

Image Courtesy Google

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

Leave a reply