Posted in Devotions

Pelayanan Doa

Jadwal pembacaan Alkitab : 1 Tawarikh 28-29  dan Kisah Para Rasul 12

Kisah Para Rasul 12:5 Demikianlah Petrus ditahan di dalam penjara. Tetapi jemaat dengan tekun mendoakannya kepada Allah.”

Dalam Kisah Para Rasul 12:12 kita melihat bahwa di rumah Maria ada banyak orang berkumpul dan berdoa. Ini menunjukkan bahwa doa untuk Petrus dipersembahkan terutama di rumah seorang saudari. Dari hal ini kita melihat bahwa dalam kehidupan gereja, para saudari harus memimpin dalam hal doa. Menurut prinsip dasar dalam firman Tuhan, segala aktivitas seharusnya dilaksanakan oleh saudara, dan para saudari kebanyakan melakukan pekerjaan menopang di belakang. Pekerjaan menopang yang terutama adalah berdoa. Inilah situasi yang sebenarnya dalam perkara Petrus. Setelah ia bebas, ia pergi ke rumah Maria, di mana banyak orang kudus sedang berdoa.

Bagaimanakah dampak pelayanan doa? Kisah Para Rasul 12:24 mengatakan, “Maka firman Tuhan makin tersebar dan makin banyak didengar orang (berlipat ganda).” Ayat sebelumnya mengatakan bahwa Herodes mati dan dimakan oleh cacing-cacing. Kemudian ayat ini dimulai dengan “Maka”. Herodes mati, tetapi firman Allah bertumbuh. Firman Allah sebenarnya adalah Tuhan sendiri, karena firman itu adalah wadah Tuhan. Karena itu, firman Allah bertumbuh sebenarnya berarti Tuhan bertumbuh.

Firman Allah tidak hanya bertumbuh, tetapi juga berlipat ganda. Firman tidak bertumbuh dan berlipat ganda dengan sendirinya. Melainkan, firman itu bertumbuh bersama kaum beriman dan berlipat ganda bersama gereja. Ketika kaum beriman bertumbuh, maka firman di dalam mereka juga bertumbuh. Ketika gereja-gereja berlipat ganda, maka firman di dalam gereja-gereja juga berlipat ganda. Fakta bahwa firman Allah bertumbuh dan berlipat ganda menunjukkan bahwa kaum beriman dan gereja-gereja pada zaman dulu dipenuhi dengan firman dan bersatu dengan firman. Ini adalah satu tanda yang kuat atas kemenangan Tuhan di dalam peperangan-Nya melawan si jahat.

Doa: “Ya Bapa, terima kasih atas firman-Mu. Buatlah diri kami dipenuhi dengan firman dan bersatu dengan firman, sehingga kami boleh menjadi tanda yang kuat atas kemenangan-Mu dalam peperangan-Mu melawan si jahat. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin!”

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

Leave a reply