Roh dan Hidup

Roh dan Hidup

Jadwal pembacaan Alkitab : 2 Samuel 16:15 – 17 dan Yohanes 6:22-71

Yohanes 6:63 “Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.”

 

Kristus berkata bahwa orang yang percaya kepada-Nya mempunyai hidup yang kekal, orang yang percaya bahwa Dia mati dan berdarah akan mendapatkan kehidupan. Mengapa begitu percaya kepada-Nya bisa mendapatkan kehidupan? Kemudian Dia berkata, “Rohlah yang memberi hidup.”Tetapi bagaimana orang bisa menjamah Roh?Bagaimana caranya Roh memberi kehidupan kepada orang? Lalu Dia melanjutkan, “Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.” Perkataan-Ku adalah roh, roh ini yang masuk ke dalam kamu adalah hidup. Kalau kamu menerima perkataan-Ku, kamu bisa menjamah Roh ini dan mendapatkan hidup. Roh yang memberi hidup kepada manusia berada di dalam perkataan Kristus. Melalui perkataan Kristus dijamah oleh orang, orang mendapatkan diri Kristus.

Mengapa perkataan Kristus adalah roh dan kehidupan? Karena Kristus adalah Allah, dan Allah adalah Roh, juga kehidupan. Yohanes 1:1 mengatakan, “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.”1:14 mengatakan juga, “Firman itu telah menjadi manusia.” Firman yang telah menjadi manusia ini adalah Kristus. Karena Kristus adalah Firman Allah yang menjadi manusia, juga adalah Allah yang menjadi manusia; karena Allah telah menjadi manusia, artinya Roh telah menjadi manusia, berarti juga Sang Hidup telah menjadi manusia. Sebab itu, dalam manusia ini adalah Allah, Roh, juga Sang Hidup. Dengan demikian, perkataan yang Ia ucapkan tentunya adalah roh, adalah hayat.

Firman-Nya adalah roh, adalah kehidupan. Asal Anda memegang firman-Nya, maka Roh-Nya, kehidupan-Nya, menjadi milik Anda.Begitu Anda percaya firman-Nya, Anda mendapatkan Roh-Nya dan kehidupan-Nya. Roh-Nya yang memberi hidup.

Doa: “Ya Allah, terima kasih atas firman-Mu. Terima kasih Bapa, Dikau adalah Roh dan hidup. Di dalam diri-Mu, kami boleh mendapatkan Roh-Mu dan kehidupan-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin!”

Image Courtesy Google

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

Leave a reply