Visi tubuh Kristus

Visi tubuh Kristus

Jadwal pembacaan Alkitab : 1 Tawarikh 10-12 dan Kisah para rasul 9:1-30

Kisah para rasul 9:4-5 , “Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: “Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?” Jawab Saulus: “Siapakah Engkau, Tuhan?” Kata-Nya: “Akulah Yesus yang kauaniaya itu”

 

Tatkala Saulus menganiaya gereja, di tengah jalan menuju Damsyik, Tuhan Yesus bertanya kepadanya, “Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?” (Kis. 9:4). Pertanyaan Tuhan ini sangat ajaib. Tuhan tidak berkata, “Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya murid-murid-Ku?” melainkan “Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?” Tuhan tidak berkata, “Saulus, Saulus, mengapa engkau menganiaya gereja-Ku?” melainkan “Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?” Hal ini menampakkan kepada Saulus bahwa gereja bersatu dengan Kristus. Gereja dengan Kristus bersatu padu sedemikian rupa sehingga siapa saja yang menganiaya gereja, berarti menganiaya Kristus. Hal ini pun menampakkan kepada kita bahwa Tubuh Kristus berada di bumi, sebab kalau ia berada di surga, mustahillah manusia menganiayanya.

Paulus adalah orang yang dipakai besar-besaran oleh Allah. Tetapi pada hari itu, dalam perjalanan ke Damsyik, Tuhan berkata kepadanya, “Bangunlah dan pergilah ke dalam kota, di sana akan dikatakan kepadamu, apa yang harus kauperbuat.” Maksud Tuhan, perkara yang harus kaulakukan tidak Ku-beritahukan kepadamu, ada orang lain yang memberi tahu kepadamu. Tuhan memakai orang lain untuk memberi tahu kepadanya perkara apa yang harus ia kerjakan. Inilah satu wahyu tentang Tubuh, ini adalah satu wahyu yang besar. Pada saat Paulus beroleh selamat, Tuhan telah memperlihatkan kepadanya prinsip Tubuh. Meskipun Paulus adalah bejana yang dipakai Tuhan secara besar-besaran, tetapi Tuhan masih memakai orang lain membantu dia. Kita harus nampak, “Aku adalah anggota Tubuh. Aku terbatas, aku perlu bantuan anggota Tubuh yang lain.” Semoga Allah membuat kita sekarang juga nampak Tubuh.

 

Doa: “Ya Bapa,terima kasih atas firman-Mu. Buatlah kami selalu menyadari bahwa kami semua adalah anggota Tubuh-Mu. Kami ini terbatas, karena itu kami memerlukan bantuan anggota Tubuh yang lain.

Image Courtesy Google

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on StumbleUponShare on TumblrEmail this to someone

Leave a reply